Huawei Mate XT Resmi Rilis, Bawa Inovasi Ponsel Layar Lipat Tiga

Huawei Mate XT Resmi Rilis, Bawa Inovasi Ponsel Layar Lipat Tiga

Huawei Mate XT Resmi – Huawei secara resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya, Mate XT, pada Selasa (10/9/2024). Berbeda dari ponsel lipat lainnya yang biasanya dilipat menjadi dua bagian, Huawei Mate XT memiliki inovasi baru di mana layarnya dapat dilipat hingga tiga bagian. Huawei mengklaim bahwa mekanisme lipatan layar ini menjadikan Mate XT sebagai ponsel lipat tiga pertama di dunia.

Untuk mendukung fitur lipat tiga ini, layar utama Huawei Mate XT menggunakan panel OLED dengan rasio 16:11, ukuran 10,2 inci, dan resolusi 2.232 x 3.184 piksel. Layar ini ditopang oleh dua buah engsel (hinge) yang membagi layar menjadi tiga bagian. Engsel pertama terletak di sepertiga bagian kiri layar, yang memungkinkan layar dilipat keluar (outward). Sedangkan, engsel di sepertiga bagian kanan berfungsi melipat layar ke dalam (inward), mirip dengan mekanisme lipatan yang ada di Galaxy Z Fold 6. Kaca ultra thin digunakan untuk melindungi layar utama ini, memberikan daya tahan lebih baik saat perangkat dilipat berkali-kali.

Desain Unik Huawei Mate XT dengan Mekanisme Lipat Tiga

Ketika layar Huawei Mate XT dilipat setengah, perangkat ini membentuk huruf “Z”. Jika layar dilipat sepenuhnya, bagian yang dilipat outward akan menampilkan layar sekunder (Cover Screen) berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1.008 x 2.232 piksel.

Menariknya, pengguna juga memiliki opsi untuk hanya melipat bagian kiri layar, yang akan memperlihatkan layar yang lebih luas daripada Cover Screen, dengan ukuran 7,9 inci (2.048 x 2.232 piksel). Fitur ini memberikan fleksibilitas penggunaan yang lebih tinggi sesuai kebutuhan.

Ketika layar dilipat sepenuhnya, dari sisi kanan, kiri, atas, atau bawah, Huawei Mate XT terlihat seperti tiga ponsel tipis yang ditumpuk dengan rapi. Meski begitu, Huawei berhasil mempertahankan dimensi ketebalan yang cukup tipis, yaitu hanya 3,6-4,8 mm saat layar dibentangkan, dan 12,8 mm ketika ponsel dilipat sepenuhnya. Desain ini menjadikan Huawei Mate XT sebagai salah satu perangkat lipat yang paling inovatif di pasaran saat ini.

Spesifikasi Kamera dan Performa Huawei Mate XT

Huawei Mate XT dibekali dengan sistem tiga kamera belakang yang dihadirkan dalam modul berbentuk segi delapan. Ketiga kamera tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Kamera utama 50 MP dengan bukaan variable aperture f/1.4-4.0, dilengkapi dengan PDAF dan OIS, yang memungkinkan pengaturan bukaan sesuai intensitas cahaya untuk hasil foto optimal.
  • Kamera telefoto 12 MP dengan bukaan f/3.4 dan 5,5x optical zoom untuk mengambil gambar jarak jauh dengan detail yang baik.
  • Kamera ultrawide 12 MP dengan bukaan f/2.2 untuk menangkap pemandangan dengan sudut pandang lebih luas.

Di bagian depan, terdapat kamera 8 MP dengan bukaan f/2.2, yang ditempatkan di sudut kiri atas layar utama.

Untuk sektor performa, Huawei belum secara resmi mengungkap chipset yang digunakan oleh ponsel layar lipat tiga terbarunya ini. Namun, rumor yang beredar menunjukkan bahwa Kirin 9010 5G, yang juga digunakan dalam ponsel flagship Huawei Pura 70 Series, akan menjadi “otak” di balik perangkat ini. Mate XT juga sudah mendukung fitur komunikasi via satelit, yang menambah kemampuan inovatifnya dalam konektivitas.

 

Baca juga artikel kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *